Awal pertemanan gue sama Aziz ini sudah berlangsung cukup lama yaitu sejak kami duduk di bangku SMP. Jadi kita memang terpaksa kenal karena bersekolah di SMP yang sama, namun ternyata kita menjadi akrab karena sama-sama memiliki ketertarikan dalam bidang otomotif. Dari zaman masih main motor hingga kenal mobil setelah SMA, gue sama Aziz sering banget ngoprek dan melakukan kebodohan di jalan bareng. Sampai setelah agak dewasa dikit, gue memutuskan untuk pindah haluan dengan concern di dunia fashion sedangkan Aziz tetap dalam dunia balap dan drifting dalam arah modifikasi mobil kami masing-masing.

Karier balap Aziz dimulai dengan mengikuti Achilles Drift Battle pada tahun 2010 pada kelas FWD menggunakan Mitsubishi Lancer CB4 matic-nya yang juga digunakan sebagai mobil harian Aziz dan kakak perempuannya. Setelah itu baru kemudian Aziz mencoba lebih serius dengan menggunakan Cressida 1G-GTE twin turbo untuk drifting dan Corolla DX 4A-GE four barrels untuk balap touring.

Setelah kemudian Cressidanya laku terjual, Aziz memutuskan untuk fokus kepada KE70nya dengan memasangkan mesin SR20DET menggantikan 4A-GE yang sebenarnya telah memiliki output berkecukupan untuk balap touring maupun drifting. Namun belum begitu lama Aziz menikmati spooling mesin Silvia pada KE70nya itu, dia harus menerima kondisi mobilnya yang rusak cukup parah karena menabrak concrete wall saat mengikuti kompetisi drifting.

Parahnya kondisi chassis depan KE70nya itu membuat Aziz harus berganti dengan platform baru yaitu menggunakan BMW E30 M10 dengan mesin tetap mengandalkan SR20DET lamanya. Namun ternyata perjalanan Aziz tidak berhenti sampai disitu, umur mobil yang sudah tua menimbulkan titik-titik karat yang menggerogoti body mobil khususnya pada bagian undercarriage-nya. Sehingga Aziz menyimpulkan untuk kembali mengganti platform mobil dan meng’kilo’kan body KE70 maupun E30nya itu.

Berbekal mesin SR20DET yang masih setia menemaninya itu, Aziz kemudian memilih mobil yang sudah sangat umum untuk digunakan dalam dunia drifting yaitu Nissan Cefiro A31. Namun jiwa Aziz dari dulu memang sudah banci tampil dan ingin beda dari yang lain. Maka dari itu Cefironya ini dimodifikasi dengan pemilihan velg besar beraura elegan dengan ground clearance yang sangat rendah. Gaya modifikasi seperti ini gue rasa belum pernah gue liat sebelumnya untuk diaplikasikan pada mobil drift di Indonesia.

Pada sisi eksterior, Aziz menggunakan bodykit Wonder Shadow Style yang cukup ‘gondrong’ khas gaya VIP Jepang. Kemudian body mobil yang aslinya silver ini diwrapped menggunakan stiker warna kuning dengan livery checkered flags dan decals ‘Ode Car Garage’ nama bengkel yang menggarap mobil Aziz dari KE70 hingga Cefironya ini. Bengkel inilah yang membangun mesin SR20DET Redtop dengan Turbo TD05 dan diatur menggunakan ECU Stand Alone Megasquirt. Settingan mesin ini dapat menghasilkan output sebesar 256 HP dan torsi 298 Nm dengan boost 0,5 bar.

Untuk kaki-kaki, velg Work VS-KF ukuran 19 inch dengan lebar 8,5 depan dan 9,5 belakang yang terpasang tucked ini dipadukan dengan coilover ACE yang dapat diatur sesuai karakter mengemudi Aziz dalam drifting dan terlebih lagi dapat diatur sependek mungkin. Velg besar dengan settingan suspensi yang pendek mengakibatkan fender depan harus diradius agar ban bisa belok dengan leluasa. Agar dapat melakukan aksi drift yang lebih mumpuni lagi, Aziz merancang sendiri Knuckle & Tie Rod customuntuk memberikan angle belok yang lebih besar. Sedangkan pada bagian interior, digunakan Sparco bucket seat dengan four-point seat belt dan rollcage sebagai faktor pendukung safety yang utama.

Memang Aziz seringkali curhat sama gue kalo event drift di Indonesia makin lama sudah makin jarang. Maka dari itu, Aziz kemudian mengubah setup suspensinya dan kembali berkompetisi di panasnya aspal sentul dalam balap touring. Namun nampaknya Aziz masih kurang puas dan sekarang kabarnya Cefironya ini kembali dibedah untuk project terbarunya. Keep up your good works, old friend.

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN! AZIZ'S NISSAN CEFIRO

DRIFTING IS FUN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
DEWA'S BOOSTED HONDA CIVIC FD

DEWA’S BOOSTED HONDA CIVIC FD

DEWA'S BOOSTED HONDA CIVIC FD - Kali ini SimplyFitment.id meliput Honda Civic FD…
LOWFITMENT DAY 7 - NEW FORMAT & NEW STYLE

LOWFITMENT DAY 7 – NEW FORMAT & NEW STYLE

LOWFITMENT DAY 7 - NEW FORMAT & NEW STYLE - Setelah menunggu…
LOWFITMENT DAY 6 - HALAL BIHALAL DAN KUMPUL BARENG DIECAST LOVERS

LOWFITMENT DAY 6 – HALAL BIHALAL DAN KUMPUL BARENG DIECAST LOVERS

LOWFITMENT DAY 6 - HALAL BIHALAL DAN KUMPUL BARENG DIECAST LOVERS - LOWFITMENT…
LOWFITMENT DAY 5 - NGUMPUL BARENG DIBULAN RAMADHAN

LOWFITMENT DAY 5 – NGUMPUL BARENG DIBULAN RAMADHAN

LOWFITMENT DAY 5 - Kali ini LOWFITMENT DAY 5 kembali hadir dan…